Materi Al-Qur'an

Berisi tentang materi Al-Qur'an beserta perangkatnya.

Materi Hadist

Pelajaran tentang Hadist beserta perangkatnya.

Materi Sirah

Berisi tentang Sirah Sahabat dan cerita hikmah.

Selasa, 22 Agustus 2023

Menganalisis Cabang Iman : Memenuhi Janji (Bagian 1)_ Materi PAI Kelas XI

Cabang iman tentang memenuhi janji adalah salah satu aspek penting dalam Islam yang menekankan pentingnya menjaga komitmen dan integritas dalam menjalani kehidupan. Memenuhi janji merupakan bagian dari tata krama, etika, dan tanggung jawab sosial yang diajarkan dalam ajaran Islam.

Pengertian Memenuhi Janji

Janji menurut Kamus Besar bahasa Indonesia “Ucapan yang menyatakan kesediaan dan kesanggupan untuk berbuat”. Memenuhi janji dapat dimaknai sebagai suatu upaya untuk melakukan atau menuntaskan segala hal yang pernah dijanjikan kepada orang lain. Lawan dari menepati janji adalah berkhianat atau ingkar janji, yaitu tidak menepati apa yang sudah diajnjikan kepada orang lain

 

Perintah Memenuhi Janji

-          QS. Al-Mukminun/23 : 8, Allah Swt berfirman :

  

 “Sungguh beruntung pula) orang-orang yang memelihara amanat dan janji mereka .”

( QS. Al-Mu'minūn [23]:8 )

Pada ayat ini menekankan pentingnya menjaga amanah (kepercayaan) dan memenuhi janji. Dalam konteks ayat ini, perintah untuk memenuhi janji terdapat dalam bagian "dan janji-janjinya." Ayat ini mengajarkan umat Muslim untuk mematuhi janji-janji yang telah dibuat kepada sesama manusia atau kepada Allah. Ini adalah bagian dari integritas, kejujuran, dan tanggung jawab dalam menjalani kehidupan sehari-hari.

 -          QS. Al-Isra /17 : 34, Allah Swt berfirman :


“Janganlah kamu mendekati harta anak yatim, kecuali dengan (cara) yang terbaik (dengan mengembangkannya) sampai dia dewasa dan penuhilah janji (karena) sesungguhnya janji itu pasti diminta pertanggungjawabannya.” ( QS. Al-Isrā' [17]:34 )

Pada ayat ini menerangkan perintah untuk memenuhi janji, terutama dalam konteks hak-hak anak yatim. Ayat ini juga menekankan pentingnya memperlakukan anak yatim dengan keadilan dan kasih sayang. Dalam konteks ini, Allah SWT mengingatkan agar kita tidak hanya memenuhi janji, tetapi juga harus mematuhi janji kita secara lebih baik dan lebih beradab.

Ayat ini juga mengajarkan pentingnya menjalankan komitmen dan janji dengan itikad baik serta berbuat adil terhadap anak yatim dan harta mereka. Ini adalah bagian dari tanggung jawab sosial dalam Islam, yang mendorong kita untuk memelihara hak-hak orang yang lemah dan memerlukan perlindungan.

 -          QS. Al-Maidah/5 : 1, Allah Swt berfirman :

     
“Wahai orang-orang yang beriman, penuhilah janji- janji...”.(QS. Al-Mā'idah [5]:1 )

Pada ayat ini merupakan perintah kepada orang-orang yang beriman untuk memenuhi segala janji yang telah mereka buat. Hal ini menegaskan pentingnya menjaga komitmen dan integritas dalam menjalani kehidupan, termasuk dalam hal memenuhi janji kepada sesama manusia.

Beberapa hal penting tentang memenuhi janji :

Memenuhi Janji merupakan bentuk dari keimanan

Memenuhi janji adalah salah satu wujud dari kejujuran dan integritas, yang dihormati dalam Islam. Melaksanakan apa yang dijanjikan merupakan bukti ketaatan terhadap Allah dan menjunjung tinggi norma-norma moral yang ditegakkan oleh agama.

Memenuhi janji adalah bentuk tanggung jawab

Dalam Islam, seseorang diharapkan untuk menjalankan segala bentuk janji dengan itikad baik dan sungguh-sungguh. Menjaga kepercayaan orang lain terhadap kita adalah bagian dari tanggung jawab kita sebagai seorang Muslim.

Keutamaan Memenuhi Janji

Nabi Muhammad SAW sangat menekankan pentingnya memenuhi janji. Beliau bersabda bahwa tanda-tanda munafik adalah ketika dia berjanji, dia melanggar janjinya, dan jika dia diberi amanah, dia berkhianat. Ini menunjukkan bahwa memenuhi janji adalah bagian integral dari karakter seorang Muslim yang baik.

Konsekuensi Melanggar Janji

Melanggar janji memiliki konsekuensi moral dan spiritual. Ini dapat merusak kepercayaan orang lain terhadap kita, menciptakan konflik, dan merusak hubungan. Dalam pandangan Islam, melanggar janji juga dapat berdampak pada akhirat jika tidak diampuni oleh Allah.

Janji kepada Allah

Selain janji kepada sesama manusia, janji kepada Allah juga harus dipenuhi. Janji ini mencakup janji untuk taat kepada-Nya, menjalankan ibadah dengan tulus, dan mengikuti perintah-Nya. Mematuhi janji kepada Allah adalah bagian penting dari pengembangan spiritual dan akhlak.

Pentingnya Integritas dan Kejujuran

Pemenuhan janji mencerminkan integritas dan kejujuran seseorang. Integritas adalah dasar dari karakter yang kuat dalam Islam, dan kejujuran adalah sifat yang sangat dihargai.

Pengampunan dan Perbaikan

Jika seseorang tidak mampu memenuhi janji karena alasan yang sah, Islam mengajarkan untuk memberi tahu pihak yang terlibat dan mencari pengampunan atau alternatif yang dapat diterima oleh semua pihak yang terlibat.

Pelajaran dari Kehidupan Nabi dan Sahabat

Kehidupan Nabi Muhammad SAW dan para sahabatnya penuh dengan contoh-contoh bagaimana mereka mematuhi janji, bahkan dalam situasi sulit. Contohnya, Nabi Muhammad SAW seringkali memenuhi janji dengan anak-anak dan bahkan musuh-musuhnya.

Dalam Islam, memenuhi janji bukan hanya sekadar tindakan sosial, tetapi juga merupakan manifestasi dari iman yang kuat dan kepatuhan kepada nilai-nilai agama. Itu adalah cara untuk menjaga hubungan baik dengan sesama manusia, menjunjung tinggi integritas diri, dan menunjukkan komitmen terhadap norma-norma etika yang diajarkan oleh Islam.

Mochamad Amin, S,PdI

Selasa, 01 Agustus 2023

Downloud Contoh Prota, Prosem dan Modul Ajar ( Format excel dan word )

Perangkat Pembelajaran Guru

Berikut adalah perangkat pembelajaran TP. 2023-2024

Program Tahunan ( Prota )

Program tahunan adalah rencana penetapan alokasi waktu satu tahun untuk mencapai tujuan (Tujuan Pembelajaran/Capaian Pembelajaran/SK dan KD) yang telah ditetapkan. Penetapan alokasi waktu diperlukan agar seluruh kompetensi dasar yang ada dalam kurikulum seluruhnya dapat dicapai oleh siswa.

Manfaat progam tahunan (Prota)

  • Mempermudah guru dalam penyampaian materi yang akan disampaikan sesuai dengan JP (Jam Pelajaran) yang telah dibuat.
  • Mengorganisir pembelajaran agar bisa berjalan maksimal nantinya.
  • Sebagai pedoman untuk menyusun program-program selanjutnya, seperti program harian, program mingguan dan promes atau Program Semester.

Program Semester (Prosem)

Program semester berisi tentang target pengajaran yang harus dicapai selama kurun waktu satu semester.

Isi dari program semester yaitu hal-hal yang akan dilakukan atau yang ingin dicapai selama pembelajaran satu semester.  Perbedaan prota dan promes, yaitu jika program tahunan dibuat untuk mengetahui banyak jam dalam mencapai kompetensi dasar, sedangkan program semester untuk menjawab minggu keberapa kompetensi dasar tersebut dapat dilakukan.

Modul Ajar

Modul ajar adalah dokumen yang berisi tujuan, langkah, dan media pembelajaran, serta asesmen yang dibutuhkan dalam satu unit/topik berdasarkan Alur Tujuan Pembelajaran (ATP).

Modul ajar serupa dengan RPP ataulesson plan yang memuat rencana pembelajaran di kelas. Namun, pada modul ajar terdapat komponen yang lebih lengkap dibanding RPP sehingga disebut RPP Plus.

Downloud Contoh Prota, Prosem dan Modul Ajar ( Format excel dan word )

-          Prota TP 2023-2024 Kelas X

-          Prota TP 2023-2024 Kelas XI

-          Prosem Ganjil Kelas X

-          Prosem Ganjil Kelas XI

-          Modul Ajar Kelas X Bab I

-          Modul Ajar Kelas XI Bab I

Istilah-istilah Baru dalam Kurikulum Merdeka

 

Berikut adalah beberapa istilah perangkat pembelajaran dari Kurikulum Merdeka

Prosem diganti Program Semester (Promes)

Sebenarnya promes dan prosem sama saja. Hanya saja pada era Kurikulum Merdeka Belajar ini disebut dengan Program Semester (Prosem). Program semester berisi tentang target pengajaran yang harus dicapai selama kurun waktu satu semester.

Harapan pemerintah dari pelaksanaan Kurikulum Merdeka semester ini, peserta didik mampu menguasai pengetahuan dan keterampilan serta mampu bersikap secara baik dalam satu kesatuan yang utuh.

Silabus dihilangkan dan diganti ATP

Mungkin saat penerapan kurikulum sebelumnya guru lebih akrab dengan istilah silabus. Akan tetapi, pada penerapan Kurikulum Merdeka Belajar sekarang istilah tersebut diganti menjadi

Alur Tujuan Pembelajaran (ATP).

ATP disusun dengan mempertimbangkan alur yang logis dan sistematis berdasarkan tata urutan pembelajaran dari suatu fase pembelajaran.

Penyusunan ATP bisa dilakukan oleh sekolah sebagai bagian Kurikulum Operasional Sekolah (KOS). Namun, ketika sekolah belum menyusunnya, sekolah dapat mengambil ATP yang sudah pemerintah siapkan.

Kompetensi Inti (KI) menjadi Capaian Pembelajaran

Istilah pendidikan baru yang diganti pada era kurikulum merdeka adalah Kompetensi Inti (KI). Istilah yang digunakan Sekarang adalah Capaian Pembelajaran (CP). Capaian Pembelajaran berisi kompetensi atau karakter yang ingin dicapai pasca melaksanakan pembelajaran dalam jangka waktu tertentu

Istilah Baru RPP menjadi Modul Ajar

Istilah pendidikan baru lain yang diganti adalah RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran) menjadi Modul Ajar.

Modul ajar merupakan penjabaran dari Alur Tujuan Pembelajaran dan disusun sesuai dengan fase atau tahap perkembangan murid. Istilah ini mungkin menjadi berbeda tetapi pada dasarnya metode penyusunan Modul Ajar tetap sama dengan RPP.

Istilah baru tidak akan menjadi kesulitan baru. Sebab semua sudah dipehitungkan pemerintah. Prinsip utama pembuatan modul ajara nanti berpatok pada lingkungan kelas itu sendiri.

 

Sumber : kemendikbud.go.id 

Minggu, 30 Juli 2023

Latihan Soal Bab I Berpikir Kritis dan Mencintai IPTEK ( PAI Kelas XI )

PILIH JAWABAN YANG PALING TEPAT DARI PERNYATAAN BERIKUT !

1. Pada Ayat 190-191 dalam Surah Ali Imran menekankan pentingnya berpikir kritis dalam memahami:

a)       Bahasa Arab
b)       Penciptaan langit dan bumi
c)       Sejarah Nabi Muhammad
d)       Kaidah-kaidah matematika

 

2. Surah Ali Imran ayat 190-191 mengajak kita untuk merenungkan tentang:

a)       Aktivitas sosial
b)       Cinta dan persahabatan
c)       Ciptaan langit dan bumi
d)       Peraturan lalu lintas

3. Apa yang ditekankan oleh Surah Ali Imran terkait berpikir kritis?

a)       Meragukan semua informasi
b)       Mempercayai segala hal tanpa bukti
c)       Menggunakan akal untuk memahami ciptaan Allah
d)       Menolak semua ilmu pengetahuan modern

4. Ayat 190 menyebutkan bahwa ada "tanda-tanda" bagi siapa saja yang memiliki:

a)       Kekuatan fisik
b)       Ilmu sihir
c)       Pengetahuan ilmiah
d)       Akal yang jernih

5. Berikut adalah salah satu contoh "tanda-tanda" penciptaan Allah yang disebutkan dalam ayat 190, kecuali:

a)       Rotasi bumi mengakibatkan perbedaan malam dan siang
b)       Gerhana bulan dan gerhana matahari
c)       Bintang-bintang yang bersinar di langit
d)       Curah hujan yang tinggi di musim dingin

6. Orang-orang yang disebut "Uli al-Albab" dalam ayat 191 adalah orang-orang yang memiliki:

a)       Kekuatan fisik yang luar biasa
b)       Kemampuan sihir
c)       Akal yang jernih dan pemahaman yang mendalam
d)       Harta yang melimpah

7. Apa yang diajarkan oleh Surah Ali Imran ayat 191 tentang refleksi atas tujuan penciptaan?

a)       Manusia diciptakan hanya untuk bersenang-senang
b)       Tujuan penciptaan manusia tidak penting untuk dipahami
c)       Penciptaan manusia adalah kebetulan semata
d)       Manusia harus mencari pemahaman tentang tujuan penciptaan

8. Berikut adalah salah satu sikap yang diajarkan oleh ayat 191 tentang berpikir kritis, kecuali:

a)       Rendah hati dalam menyikapi penciptaan Allah
b)       Selalu mencari kebenaran dalam ilmu pengetahuan
c)       Bersyukur atas nikmat Allah berupa akal dan pengetahuan
d)       Bersikap sombong dan mempercayai segala hal tanpa bukti

9. Apa yang diajarkan oleh Surah Ali Imran ayat 191 tentang penggunaan akal dan ilmu pengetahuan?

a)       Mengabaikan akal dalam mencari kebenaran
b)       Hanya mengandalkan ilmu agama tanpa mempertimbangkan ilmu pengetahuan lainnya
c)       Menggunakan akal dan ilmu pengetahuan dalam mencari kebenaran
d)       Menolak segala bentuk ilmu pengetahuan modern

10. Ayat 191 dalam Surah Ali Imran menegaskan perlunya menghindari apa?

a)       Menggunakan akal dan ilmu pengetahuan
b)       Mencari pemahaman tentang tujuan penciptaan
c)       Akibat negatif dari tindakan kita
d)       Bersyukur atas nikmat Allah

11. Apakah yang diajarkan oleh ayat-ayat dalam Surah Ali Imran tentang cinta terhadap IPTEK?

a)       Kita harus mengabaikan ilmu pengetahuan dan teknologi
b)       Menggunakan akal untuk memahami ciptaan Allah adalah hal yang tidak perlu
c)       Mencintai dan memanfaatkan ilmu pengetahuan dan teknologi sebagai bentuk penghormatan terhadap kebesaran Allah
d)       Cinta terhadap IPTEK tidak memiliki hubungan dengan keyakinan religius

12. Bagaimana Islam mengajarkan tentang berpikir kritis terhadap ilmu pengetahuan dan teknologi?

a)       Islam melarang segala bentuk ilmu pengetahuan dan teknologi
b)       Islam tidak memiliki pandangan terhadap ilmu pengetahuan dan teknologi
c)       Islam mendorong untuk mempelajari ilmu pengetahuan dan teknologi dengan skeptis dan hati-hati
d)       Islam tidak memberikan panduan tentang berpikir kritis terhadap ilmu pengetahuan dan teknologi

13. Bagaimana Surah Ali Imran ayat 190-191 mengajarkan tentang pengetahuan?

a)       Pengetahuan harus ditolak karena tidak sesuai dengan keyakinan religius
b)       Pengetahuan harus dihafal tanpa dipahami
c)       Pengetahuan harus dicari dan dipahami dengan akal yang jernih
d)       Pengetahuan hanya penting dalam aspek keagamaan saja

14. Apa yang dapat dipahami dari ayat-ayat dalam Surah Ali Imran tentang mengeksplorasi fenomena alam?

a)       Mengeksplorasi fenomena alam hanya penting untuk kepentingan akademis
b)       Mengeksplorasi fenomena alam tidak memiliki manfaat bagi umat manusia
c)       Mengeksplorasi fenomena alam adalah tindakan yang bertentangan dengan ajaran Islam
d)       Mengeksplorasi fenomena alam dapat memberikan wawasan dan pemahaman tentang ciptaan Allah 

15. Apa yang dapat dipelajari dari Surah Ali Imran ayat 190-191 tentang menggunakan akal dalam memahami alam semesta?

a)       Akal tidak perlu digunakan dalam memahami alam semesta
b)       Akal adalah alat yang tidak penting dalam memahami alam semesta
c)       Akal adalah anugerah dari Allah yang harus digunakan untuk memahami alam semesta
d)       Akal hanya berguna dalam konteks agama dan tidak relevan dengan memahami alam semesta

16. Ayat 33 dalam Surah Ar-Rahman mengajak manusia untuk mencintai:

a)       Alam semesta
b)       Ilmu pengetahuan dan teknologi
c)       Seni dan budaya
d)       Alam bawah sadar

17. Surah Ar-Rahman ayat 33 menyatakan bahwa mencintai ilmu pengetahuan dan teknologi akan membawa manusia menuju:

a)       Kebahagiaan dunia
b)       Surga
c)       Kekayaan materi
d)       Kebijaksanaan spiritual

18. Apa yang diajarkan oleh Surah Ar-Rahman ayat 33 tentang pentingnya mencintai IPTEK?

a)       Cinta terhadap IPTEK adalah hal yang tidak perlu dalam kehidupan
b)       Mencintai IPTEK adalah tindakan yang bertentangan dengan ajaran agama
c)       Mencintai IPTEK akan membantu mencapai kesuksesan materi
d)       Mencintai IPTEK merupakan upaya untuk mencapai keberkahan dan surga

19. Berikut adalah salah satu manfaat mencintai IPTEK yang diajarkan oleh ayat 33, kecuali:

a)       Mendapatkan keberkahan dari Allah
b)       Memudahkan jalan menuju surga
c)       Membantu mencapai kesuksesan dunia
d)       Meningkatkan prestasi akademis

20. Mencintai ilmu pengetahuan dan teknologi menunjukkan rasa syukur kita kepada Allah atas:

a)       Harta dan kekayaan
b)       Keberagaman alam semesta
c)       Keberhasilan dalam karier
d)       Kesuksesan dalam bisnis

21. Apakah yang diajarkan oleh Surah Ar-Rahman ayat 33 tentang memanfaatkan IPTEK?

a)       Memanfaatkan IPTEK hanya untuk kepentingan diri sendiri
b)       Memanfaatkan IPTEK untuk meraih popularitas sosial
c)       Memanfaatkan IPTEK untuk mencari kekayaan material
d)       Memanfaatkan IPTEK untuk beribadah kepada Allah dan kemaslahatan umat manusia 

22. Mencintai IPTEK membawa dampak positif bagi:

a)       Karier dan pekerjaan
b)       Kesehatan mental
c)       Kebahagiaan dalam hidup
d)       Kemaslahatan dan kemajuan umat manusia

23. Mengapa mencintai IPTEK dianggap sebagai bentuk penghormatan kepada Allah?

a)       Karena mencintai IPTEK akan membawa kesuksesan material
b)       Karena mencintai IPTEK merupakan tuntutan dari ajaran agama
c)       Karena dengan IPTEK, manusia dapat lebih mengenal dan memanfaatkan ciptaan Allah
d)       Karena mencintai IPTEK akan meningkatkan kekayaan dan harta benda

24. Apa yang diajarkan oleh Surah Ar-Rahman tentang memudahkan jalan menuju surga?

a)       Memudahkan jalan menuju surga hanya dapat dicapai melalui ibadah ritual
b)   Memudahkan jalan menuju surga harus dilakukan dengan upaya keras tanpa memperhatikan ilmu pengetahuan
c)       Memudahkan jalan menuju surga dapat dicapai dengan mencintai dan memanfaatkan IPTEK
d)       Memudahkan jalan menuju surga tidak terkait dengan tindakan atau usaha manusia

25. Berikut adalah salah satu ciri orang yang mencintai IPTEK yang disebutkan dalam ayat 33, kecuali:

a)       Selalu berupaya meningkatkan pengetahuan
b)       Memanfaatkan IPTEK untuk kepentingan pribadi semata
c)       Menghargai dan memanfaatkan ilmu pengetahuan untuk kemaslahatan umat manusia
d)       Bertanggung jawab dalam menggunakan teknologi

26. Mencintai IPTEK adalah bentuk penghormatan terhadap keagungan Allah dalam ciptaan. Apa arti dari "IPTEK" dalam hal ini?

a)       Inovasi Penciptaan Teknologi Ekonomi Keagamaan
b)       Ilmu Pengetahuan dan Teknologi
c)       Inspirasi Pendidikan Tertinggi Energi Kehidupan
d)       Integrasi Perkembangan Teori Ekosistem Keindahan

27. Mengapa mencintai IPTEK bisa membawa manusia menuju surga?

a)       Karena surga adalah tempat yang menyediakan banyak sumber daya dan harta
b)       Karena IPTEK dapat membantu manusia mencapai kesuksesan dunia
c)       Karena mencintai IPTEK adalah bentuk ibadah dan penghormatan kepada Allah
d)       Karena surga adalah tempat yang penuh dengan kesenangan dan hiburan

28. Bagaimana Islam mengajarkan tentang mencintai IPTEK?

a)       Islam tidak memiliki pandangan tentang mencintai IPTEK
b)       Islam mengajarkan untuk mengabaikan ilmu pengetahuan dan teknologi
c)     Islam mendorong manusia untuk mencintai dan memanfaatkan IPTEK sebagai bentuk penghormatan kepada Allah
d)       Islam melarang mencintai IPTEK karena dianggap sebagai bentuk kesyirikan

29. Mengapa mencintai ilmu pengetahuan dan teknologi dapat membawa keberkahan dari Allah?

a)       Karena ilmu pengetahuan dan teknologi memberikan keuntungan finansial bagi manusia
b)       Karena ilmu pengetahuan dan teknologi membuat manusia menjadi lebih pintar dan cerdas
c)       Karena ilmu pengetahuan dan teknologi membantu mencapai kesuksesan dunia
d)   Karena ilmu pengetahuan dan teknologi membawa manfaat bagi kemaslahatan umat manusia dan mencerminkan bentuk penghormatan kepada Allah

30. Apa yang dapat dipahami dari Surah Ar-Rahman ayat 33 tentang keterkaitan antara mencintai IPTEK dan kebahagiaan akhirat?

a)       Tidak ada keterkaitan antara mencintai IPTEK dan kebahagiaan akhirat
b)       Mencintai IPTEK adalah hal yang tidak relevan dengan kebahagiaan akhirat
c)       Mencintai IPTEK merupakan cara untuk mencapai kebahagiaan akhirat dan mendapatkan surga
d)       Kebahagiaan akhirat hanya dapat dicapai melalui ibadah ritual dan doa saja

31. Hadis Nabi yang mengajarkan tentang pentingnya berpikir kritis adalah:

a)       "Aku diberikan Al-Qur'an dan yang serupa dengannya bersama dengan itu."
b)       "Mukmin yang kuat lebih baik dan lebih dicintai oleh Allah daripada seorang mukmin yang lemah."
c)       "Perumpamaan orang yang berdzikir kepada Tuhannya dan orang yang tidak berdzikir adalah seperti orang yang hidup dan mati."
d)       "Barangsiapa yang menyampaikan satu kebaikan, dia akan mendapatkan pahala seperti orang yang mengerjakannya."

32. Apa yang diajarkan oleh hadis "Aku diberikan Al-Qur'an dan yang serupa dengannya bersama dengan itu" tentang berpikir kritis?

a)       Pentingnya berpegang pada ajaran Al-Qur'an saja
b)       Pentingnya mencari sumber ilmu pengetahuan selain Al-Qur'an
c)       Pentingnya merenungkan dan memahami Al-Qur'an secara mendalam
d)       Tidak perlu berpikir kritis karena ajaran Al-Qur'an sudah lengkap

33. Hadis Nabi yang menekankan pentingnya mencari ilmu adalah:

a)       "Cari ilmu walau sampai ke negeri China."
b)       "Orang yang rajin belajar tentang alam semesta."
c)       "Manusia adalah musuh bagi apa yang belum dia ketahui."
d)       "Tidak ada kedudukan bagi orang yang tidak belajar."

34. Apa pesan yang ingin disampaikan oleh hadis "Cari ilmu walau sampai ke negeri China"?

a)       Kita harus mencari ilmu pengetahuan di negeri China saja
b)       Kita harus berhenti mencari ilmu setelah mencapai negeri China
c)       Kita harus semangat dan gigih dalam mencari ilmu pengetahuan, tak terbatas pada satu tempat
d)       Kita tidak perlu mencari ilmu pengetahuan karena sudah cukup dengan pengetahuan yang dimiliki

35. Hadis Nabi yang menekankan pentingnya berpikir kritis dalam mencari kebenaran adalah:

a)    "Barangsiapa yang menyampaikan satu kebaikan, dia akan mendapatkan pahala seperti orang yang mengerjakannya."
b)       "Sebaik-baiknya manusia adalah yang paling bermanfaat bagi manusia lain."
c)       "Tidak ada kedudukan bagi orang yang tidak belajar."
d)       "Menuntut ilmu adalah wajib bagi setiap Muslim."

38. Apa pesan yang ingin disampaikan oleh hadis "Menuntut ilmu adalah wajib bagi setiap Muslim"?

a)       Tidak perlu menuntut ilmu karena semua sudah tertulis dalam kitab suci
b)       Hanya ulama dan cendekiawan yang perlu menuntut ilmu
c)       Setiap Muslim wajib menuntut ilmu pengetahuan untuk kepentingan pribadi dan umat
d)       Menuntut ilmu hanya merupakan sunnah dan bukan kewajiban bagi Muslim

39. Hadis Nabi yang mengajarkan tentang pentingnya merenung dan memikirkan tanda-tanda Allah adalah:

a)       "Orang yang rajin belajar tentang alam semesta."
b)    "Barangsiapa yang menyampaikan satu kebaikan, dia akan mendapatkan pahala seperti orang yang mengerjakannya."
c)         "Mukmin yang kuat lebih baik dan lebih dicintai oleh Allah daripada seorang mukmin yang lemah."
d)       "Perumpamaan orang yang berdzikir kepada Tuhannya dan orang yang tidak berdzikir adalah seperti orang yang hidup dan mati."

40. Apa yang diajarkan oleh hadis "Perumpamaan orang yang berdzikir kepada Tuhannya dan orang yang tidak berdzikir adalah seperti orang yang hidup dan mati" tentang berpikir kritis?

a)       Pentingnya berpikir tentang kehidupan dan kematian
b)       Pentingnya melakukan dzikir secara mekanis tanpa berpikir
c)       Pentingnya merenungkan dan memahami makna dari dzikir
d)       Tidak perlu berpikir tentang dzikir karena sudah menjadi bagian dari ibadah rutin

41. Hadis Nabi yang mengajarkan tentang pentingnya menggunakan akal dan pemahaman dalam beragama adalah:

a)    "Barangsiapa yang menyampaikan satu kebaikan, dia akan mendapatkan pahala seperti orang yang mengerjakannya."
b)       "Tidak ada kedudukan bagi orang yang tidak belajar."
c)       "Manusia adalah musuh bagi apa yang belum dia ketahui."
d)       "Agama adalah nasihat."

42. Apa pesan yang ingin disampaikan oleh hadis "Agama adalah nasihat" tentang berpikir kritis dalam beragama?

a)       Agama harus dijalani tanpa ada pertanyaan atau pemahaman yang mendalam
b)       Nasihat dalam agama tidak diperlukan karena sudah ada aturan yang jelas
c)       Berpikir kritis dan memberi nasihat yang baik merupakan bagian integral dari beragama
d)       Berpikir kritis hanya penting dalam ilmu pengetahuan dan teknologi, tidak terkait dengan agama
 


Selamat Mengerjakan
Dibuat Oleh : M. Amin,S.PdI
Guru PAI dan Budi Pekerti SMK Kartika IV-1 Malang